mradiofm

PLAGIAT!! HITS - HITS INI KATANYA PLAGIAT LOO!! NOMER 5 KAMU PASTI GAK BAKAL NYANGKA

Plagiarisme emang bisa nyerang siapa aja, terbaru kemaren,  Ed Sheeran juga sempet kesangkut kasus ini. Nah di bawah ini ada beberapa lagu yang katanya nyontek lagu – lagu lain, tapi beneran plagiat atau gak, kamu sendiri deh yang mutusin.

 

1. Robin Thicke ft TI and Pharrel Williams – Blurred Lines

Lagu yang sempet ada di puncak Billboard hot 100 selama 12 minggu berturut – turut ini dituntut sama keluarga musisi legendaris Marvin Gaye,karena dianggap nyontek salah satu hits Gaye di tahun 1977, Got To Give It Up. Hasilnya, Robin Thicke dkk, harus ngebayar 7,4 miliar dollar.

 

2. Ed Sheeran – Thinking Out Loud

Lagu yang video klipnyauda ditonton sebanyak 2,3 miliar kali di YouTube ini juga sempet dituduh ngejiplak lagu lain loo. Dan sekali lagi yang nuntut adalah keluarga Marvin Gaye, gak main – main lagu ini dituntut 100 juta dollar, karena dianggap meniru Let’s Get It On punya Marvin Gaye.

 

3. Coldplay – Viva La Vida

Lagu yang bisa ngasih Coldplay Grammy Award ini, sempet diributin banyak pihak, karena dianggap nyontek salah satu lagu karya maestro gitar, Joe Satriani, If I Could Fly. Walaupun akhirnya kasus ini berkahir dan menguap begitu saja, tanpa adanya tuntutan dan denda yang dibayarkan.

 

4. Meghan Trainor – All About That Bass

Salah satu hits dari Meghan yang bikin dia melejit banget di blantika musik ini, sempet dituding mirip sama salah satu lagu dari band Korea Selatan, Koyote yang judulnya Happy Mode. Bahkan salah satu personel band ini sempet bilang bakal ngebawa tuntutan ini ke ranah hukum, tapi sekali lagi ilang gitu aja tanpa ada ribut – ribut apapun.

 

5. Bruno Mars – Treasure

Salah satu single hits Bruno Mars dari album Unorthodox Jukebox ini sempet dianggap mirip sama lagu dari produser asal Prancis, Breakbot yang berjudul Baby I’m Yours. Gak ada komen atau tuntutan apapun dari keduanya, tapi yang jelas banyak pihak yang nganggep Bruno nyontek lagu tersebut.

 

 

Mirip atau gak, nyontek atau gak, sekali lagi itu semua cuma opini (kecuali yang udah dibawa ke ranah hukum sih ^^) Yang jelas semua karya harus buat diapresiasi dengan sepantasnya, dan penilaiannya balik lagi ke kamu.

13 Juli 2018 12:40