mradiofm

KALO ADA ADIK YANG TANYA SOAL KEJADIAN BOM DI SURABAYA, KAMU BISA JAWAB INI LHO M POWER !

Kejadian terror bom yang terjadi di Surabaya kali ini bikin miris banget nggak sih, karena rata-rata si pelaku selalu melibatkan anak kecil untuk melancarkan aksinya. Tapi gimana kalo anak kecil di sekitarmu kayak adik, ponakan, sepupu lagi  kepo banget sama tragedi peledakan bom di Surabaya dua hari ini ? Kamu udah tau cara ngatasinnya ?

Nah, ini dia ! Ada tips dari Najelaa Shihab akan 8 hal penting yang bisa kamu lakuin buat kasih penjelasan ke anak-anak soal terorisme, kekerasan dan situasi darurat :

1. Sebelum ngobrol, pilih suasana dan waktu yang pas

2. Tanya dulu ke adik kecil, gimana perasaannya dia sekarang dan info apa aja sih yang udah dia dapet.

3. Nah, tiap anak itu punya tingkat kecemasan yang beda-beda dan cara ngeekspresiinnya itu juga unik. So, ajakin si adik buat ngenali emosinya

4. Yang dewasa-dewasa jangan panik ! Kudu tetap tenang ya dan jangan kasih statement yang malah bikin si adik jadi takut. Berusaha mungkin penjelasannya kudu netral.

5. Kalo adik kecil kasih fakta atau opini dan berspekulasi tertentu, kamu bisa tanyain kevalidannya atau dapet dari sumber mana. Pokonya kamu harus jadi teladan keneran indo yang si adik dapet ya.

6. Kamu bisa ngasih tau ke si adik lho M Power akan tanda-tanda situasi darurat. Misalnya, nomer telp darurat, pintu darurat, atau cara-cara lain yang bisa dia lakukan dengan tetap bersikap tenang.

7. Jangan lupa ya, ajarin si adik buat beka sama situasi lingkungan sekitarnya.

8. Diskusi itu penting lho M Power. Jadi, kamu bisa ajak si adik diskusi akan kejadian sehari-hari atau berita-berita yang ada di media massa.

Jangan lupa tetap tenang dan waspada. Dan jangan timbulkan bom baru di masyarakat lewat info-info hoax yang tersebar.

 

14 Mei 2018 17:31