mradiofm

Sutradara Kurang Terkenal Bernama 'Badan Pusat Statistik' (Tulisan Untuk Hari Statistik)

Di Indonesia sendiri, soal menyoal statistik ini ditanganin sama satu badan pemerintah non kementrian, yaitu BPS atau Badan Pusat Statistik. Bercikal bakal dari kewajiban dari PBB buat tiap negara punya badan statistik, maka di tanggal 26 September  1960, muncul yang namanya UU no 7 tahun 1960 yang kemudian disempurnakan jadi UU no 16 tahun 1997. Diidekan ketua BPS waktu itu, Pak Sugito, yang meminta adanya peringatan buat hari statistik dengan harapan adanya kesadaran masyarakat soal statistik, yang kemudian diamini sama Presiden Soeharto. Dan jadilah tanggal 26 September 1996 diperingati sebagai hari statistik buat pertama kalinya.

21 tahun kemudian tampaknya harapan Pak Sugito waktu itu masih tetap terbungkus bentuk harapan. Kata 'statistik' masih mampir dan belum menyapa terlalu ramah buat beberapa telinga. Kunjungan Tim News M Radio  ke kantor BPS Kota Surabaya, tampaknya bisa jadi sedikit bukti nyata soal awamnya kita akan kata statistik. Disambut langsung dan ramah oleh Kepala BPS Kota Surabaya, Pak Suparno,Tim News M Radio dapat sangat banyak penjelasan soal apa kerja BPS, siapa saja yang terlibat di dalamnya,apa peran mereka dalam masyarakat, sampai sedikit unek unek mereka.

Luangan waktu dari Pak Suparno ini bikin tim sadar banyak banget hal yang bisa dimanfaatin dari BPS. Beberapa data yang tersedia dan siap unduh buat umum bisa kamu nikmatin di website mereka. Sensus mungkin adalah sedikit gambaran dari beberapa hal yang  dilakuin BPS sebagai bentuk aktifitasnya. Sensus besar yang meliputi penduduk, pertanian, dan ekonomi dilakuin secara rutin dan berkala. Belum lagi sensus kecil yang menyangkut tenaga kerja, integritas kepimpinan, dan masih banyak hal lain.

Boo & Nessa (M Radio) dengan Pak Suparno (Kepala BPS Surabaya)

Kiprah BPS layaknya seorang sutradara kurang terkenal yang tetap bisa menghasilkan banyak karya masterpiece. Dinikmati tanpa disadari siapa lakon sesungguhnya. Capaian prestasi kayak termasuk dalam jajaran 10 kantor statistik terbaik di dunia, juga masih belum bisa meramahkan dan menyadarkan peran lembaga ini. Buktinya, Pak Suparno bilang masih banyak penolakan yang dilakuin sama responden saat pengumpulan data, padahal data ini nantinya bakal bisa dipergunakakn buat hajat hidup orang banyak.

Tema 'Kerja Bersama Data' adalah moto yang diusung lembaga ini di hari peringatan tahunnya, tentunya masih dengan harapan dan bentuk usaha menyadarkan masyarakat peranan penting dari sebuah lembaga yang sering melakukan hal hal bermanfaat ini. 

 

27 September 2017 06:00